PENGARUH FUNGSI PERENCANAAN, FUNGSI PENGORGANISASIAN, FUNGSI PENGARAHAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT SURYA MULTI PERKASA MOVINKO SURABAYA

Eri Wardana, Achmad Sholihin

Sari


Penyelenggaraan pemerintahan yang baik merupakan suatu tuntutan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemerintahan yang baik antara lain ditandai dengan adanya pemerintahan yang akuntabel dan transparan. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah pusat maupun daerah harus melakukan berbagai upaya pembaharuan dalam pengelolaan keuangan, antara lain penyusunan peraturan perundang-undangan, penataan kelembagaan, pembenahan sistem dan prosedur, dan peningkatan profesionalisme sumber daya manusia terutama di bidang keuangan. Pengelolaan Keuangan Daerah adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah. Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah mendefinisikan semua hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dapat dinilai dengan uang. Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana yang dimaksud merupakan subsistem dari sistem pengelolaan keuangan negara dan merupakan elemen pokok dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Pengelolaan Keuangan Daerah pada dasarnya dimaksudkan untuk menghasilkan suatu kapasitas atau kemampuan keuangan daerah dalam mendanai penyelenggaraan perencanaan pembangunan daerah, sehingga analisis pengelolaan keuangan daerah menjelaskan tentang aspek kebijakan keuangan daerah yang berkaitan dengan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.Tujuan pada penelitian ini adalah : untuk mengetahui pengaruh fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian dan fungsi pengarahan terhadap kinerja keuangan PT. Surya Multi Perkasa Movinko Surabaya.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan PT. Surya Multi Perkasa Movinko Surabaya berjumlah 40 karyawan. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh secara serempak fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian dan fungsi pengarahan terhadap kinerja keuangan ; (2) terdapat pengaruh secara parsial fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian dan fungsi pengarahan terhadap kinerja keuangan.
Kata kunci : fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan, kinerja keuangan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barry, Cushway, 2012. Human Resource Management. PT. Elex Media Kumputindo, Jakarta.

Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11, Buku 2 Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham, 2013. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Alfabeta, Bandung.

Ghozali, H. Imam, 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Mahsun, Mohamad, 2012. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Edisi Pertama. BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Mangkunegara, AA.Anwar Prabu, 2013. Evaluasi Kinerja SDM, Cetakan Kedua, Refika Aditama, Bandung

Moeheriono, 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Ghalia Indonesia, Bogor.

Munawir, S, 2012. Akuntansi Keuangan dan Manajemen. BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Edisi Kedua, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Robbins, P dan Coulter, Mary, 2014. Manajemen. Erlangga, Jakarta.

Sawir, Agnes. 2012. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Bisnis, Alpabeta, Bandung.

Weston, J. Feed dan Thomas E. Copeland. 2013. Manajemen Keuangan. Jakarta: Binarupa Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.