PENGARUH KEGUNAAN PRODUK, KEMUDAHAN PENGGUNAAN PRODUK, DAN PERGAULAN SOSIAL TERHADAP MINAT MEREFERENSIKAN MELALUI NILAI PELANGGAN PADA PRODUK TELKOMSEL FLASH DI SURABAYA

Melanny Methasar, Gogi Kurniawan

Sari


Keberhasilan peluncuran produk baru ditentukan oleh tanggapan atau reaksi konsumen selama mereka menggunakan produk. Pada tahap ini konsumen mempunyai pengalaman secara langsung interaksi produk dan memberikan penilaian terhadapnya, serta mengembangkan sikap suka atau tidak suka terhadap produk. Salah satu penilaian yang dilakukan konsumen terhadap produk, adalah berdasarkan kegunaan produk tersebut bagi dirinya.

Kegunaan produk merupakan derajat kepercayaan konsumen bahwa dalam penggunaan produk atau jasa tertentu akan membawa peningkatan terhadap kinerja pekerjaannya. Bila konsumen merasa bahwa suatu produk berguna bagi dirinya, maka minat pakai konsumen terhadap produk tersebut akan besar. Prinsip yang mengatakan bahwa apapun yang diperbuat oleh produsen akan laku di pasar sudah tidak relevan lagi di masa kini. Oleh karena itu, produsen harus menyesuaikan produk dan jasanya dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Telkomsel selaku provider dari Telkomsel Flash harus merumuskan strategi pemasaran yang tepat sebagai dasar untuk keunggulan bersaing mengingat tingginya minat mereferensikan akan membawa dampak yang positif terhadap keberhasilan produk di pasar.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk : Menganalisis pengaruh persepsi nilai pelanggan terhadap minat mereferensikan konsumen terhadap produk Telkomsel Flash; Menganalisis pengaruh persepsi terhadap kegunaan produk terhadap persepsi nilai pelanggan produk Telkomsel Flash; Menganalisis pengaruh persepsi terhadap kemudahan penggunaan produk terhadap persepsi nilai pelanggan produk Telkomsel Flash; Menganalisis pengaruh dari pergaulan sosial terhadap pemakaian produk terhadap persepsi nilai pelanggan Telkomsel Flash.

Dari pengolahan, pengujian dan pembahasan hasil penelitian yang berkaitan dengan permasalahan, maka simpulan dan saran yang dapat diambil yang ada hubungannya dengan penelitian adalah sebagai berikut : Pengujian hipotesis pertama menunjukkan adanya hubungan pengaruh yang positif antara nilai pelanggan dengan minat mereferensikan.

Pengujian hipotesis kedua menunjukkan adanya hubungan pengaruh yang positif antara konstruk kegunaan produk dan nilai pelanggan. Pengujian hipotesis ketiga menunjukkan hubungan pengaruh yang positif antar konstruk kemudahan penggunaan produk dan nilai pelanggan.

Pengujian hipotesis keempat menunjukkan hubungan pengaruh yang positif antar konstruk pengaruh pergaulan sosial dan nilai pelanggan, yang berarti bila pelanggan merasakan bahwa produk dapat menunjang pergaulan sosialnya, maka pelanggan akan merasa produk itu memberikan manfaat bagi dirinya dan bernilai bagi dirinya


Kata Kunci


Kegunaan produk, kemudahan penggunaan produk, pergaulan sosial, minat mereferensikan, nilai pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kish, Leslie. 1995. Survey Sampling. Library Edition. John Wiley&Sons. Inc. Canada

Kotler, P. 2003. Marketing Management. Upper Saddle River, N.J : Prentice Hall International, Inc

Kwon, Hyosun Stella and Chindambaram Laku. 2000. A Test of The Technology Acceptance Model: The Case of Cellular Telephone Adoption. Proceedings of the 33rd Hawaii International Conference on System Sciences-2000




DOI: https://doi.org/10.51774/mapan.v1i1.9

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2017 - Pusat Sistem Teknologi Informasi & Pangkalan Data, STIE YAPAN SURABAYA 2017