PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR DESA DI DESA LABAN KULON KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK

Waloyo Waloyo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Peran Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa di Desa Laban kulon Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik , dan untuk mengetahui faktorfaktor yang menghambat peran kepemimpinan kepala Desa dalam meningkatkan kinerja aparatur di Desa Laban Kulon Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.

Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis model interaktif dari pendapat Miles dan Huberman.

Hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa peran kepemimpinan Kepala Desa dalam meningkatkan kinerja Aparatur Desa di Desa Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik , walaupun belum sepenuhnya maksimal mampu memberikan pembangunan yang cukup baik terhadap peningkatan pelayanan, namun secara aplikatif peran kepemimpinan kepala Desa dalam meningkatkan kinerja aparatur Desa di Desa Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik termasuk baik. Namun pada pelaksanaannya masih ada hambatan-hambatan yang harus dihadapi sesuai dengan persyaratan peningkatan kinerja aparatur Desa, seperti kurang mendukungnya sarana presarana dan dukungan sosial ekonomi meskipun mendapat dukungan dari luas wilayah dan jumlah penduduk.

Peran kepemimpinan Kepala Desa dalam meningkatkan kinerja aparatur Desa di Desa Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik meskipun belum efektif namun memberikan manfaat yang sangat besar yaitu terbentuknya kinerja yang baik untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara efisien.


Kata Kunci


Kepemimpinan, Kinerja, Meganti

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Miles dan Huberman 2007. Analisis data model Interaktif Bandung: Rineka

Sugiyono 2006 , Deskriptif kualitatif Jakarta: Rajawali Press.

Siagian 2002. Pendorong Kinerja Pegawai Penerbit Universitas Indonesia Perss : Jakarta.

Widodo 2006 . Indikator Peran Dalam Peningkatan Cetakan Pertama, PT. Gunung Agung, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.51774/mapan.v1i2.7

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


© 2017 - Pusat Sistem Teknologi Informasi & Pangkalan Data, STIE YAPAN SURABAYA 2017